cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 6 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Jonathan Herdioko; Valentcio Luwiska W
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.513 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2020.152.385

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Tekstil Mac Mohan, Solo. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Kota Solo. Teknik penyampelan menggunakan non-probability sampling dengan pemilihan 100 responden yang pernah membeli produk di Mac Mohan Solo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis regresi linier berganda digunakan dengan uji R2, uji F, dan uji t. Hasil pengujian menghasilkan nilai sig uji F sebesar = 0,00, artinya secara simultan variabel kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci: kualitas produk, persepsi harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan ABSTRACTThis study aims to determine the effect of product quality, price perception, and service quality toward customer satisfaction at Toko Tekstil Mac Mohan, Solo. The population in this study are the residents of Solo. Non-probability sampling method is adopted with a selection of 100 respondents who have bought products at Mac Mohan Solo. Data collection techniques were carried out by distributing questionnaires that had been tested for validity and reliability. The multiple linear regression analysis method is used with R2 test, F test, and t test. The test results produce a sig value of F test of = 0.00, meaning that simultaneously, the variable product quality, price perception, and service quality have a significant effect on customer satisfaction. The t test shows that product quality partially, price perception, and service quality partially have a significant effect on customer satisfaction. Keywords: product quality, price perception, service quality, customer satisfaction
PENGARUH KEPEMIMPINAN SERVANT, MOTIVASI, KOMPENSASI, DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR Ari Tri Novita
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2020.152.386

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan melayani, motivasi, kompensasi, iklim organisasi terhadap perilaku kewargaan organisasional pada karyawan Kerupuk Ninda Rasa Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian adalah 40 karyawan Kerupuk Ninda Rasa Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental/haphazard sampling (pengambilan sesaat). Hasil menunjukan tidak ada pengaruh signifikan antara variabel kepemimpinan servant terhadap variabel perilaku kewargaan organisasional. Kompensasi berpengaruh terhadap perilaku kewargaan organisasional sementara iklim organisasi tidak signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasional. Kata kunci: kepemimpinan melayani, motivasi, kompensasi, iklim organisasi, perilaku kewargaan organisasional ABSTRACT This study aims to determine the serving leadership, motivation, compensation, organizational climate on organizational citizenship behavior of the employees of Kerupuk Ninda Rasa, Klaten Regency. The population in the study were 40 employees of Kerupuk Ninda Rasa, Klaten Regency. The sampling technique utilized in this research is accidental/haphazard sampling. The results show that there is no significant effect between the servant leadership variable and the organizational citizenship behavior variable. Compensation has significant effect on organizational citizenship behavior while organizational climate is not significant on organizational citizenship behavior. Keywords: servant leadership, motivation, compensation, organizational climate, organizational citizenship behavior
PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Dyah Ayu Puri Palupi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2020.152.387

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh variabel kepemimpinan, disiplin kerja, dan komunikasi pada kinerja karyawan di CV. Anugrah Garmindo. Sebuah model pengembangan manajemen menguji pengaruh antara variabel konstruk. Model ini menguji pengaruh antara variabel kepemimpinan, disiplin kerja, dan komunikasi pada kinerja karyawan di CV. Anugrah Garmindo. Hasilnya menunjukkan ada hasil yang cukup signifikan pada model penelitian ini. Koefisiennya menunjukkan bahwa kepemimpinan, disiplin kerja, dan komunikasi berpengaruh signifikan positif pada kinerja karyawan. Keterbatasan penelitian ini meliputi metodologi laporan ini sendiri yang mengukur data persepsi dengan serangkaian kuesioner. Terdapat aplikasi praktis bagi para pimpinan di lingkungan CV. Anugrah Garmindo untuk meningkatkan perhatian pada disiplin kerja karyawan secara periodik dan mempertahankan komunikasi yang sudah baik dengan mengadakan evaluasi secara berkala untuk menilai sikap dalam bekerja sehingga kinerja karyawan meningkat. Kata kunci: kepemimpinan, disiplin kerja, komunikasi, kinerja ABSTRACT The purpose of this study is to investigate leadership, work discipline, and communication and their impact on the employee’s performance. A management development model examines the impact among the measurable constructs. The model explores the impact among leadership, work discipline, and communication on employee’s performance in CV. Anugrah Garmindo. The results indicate there is a goodness of fit for research model. The coefficient explained that the leadership, work discipline, and communication have positive and significant impact to employee’s performance in the management model. The limitations include the self-report methodology that measures perceptual data with a series of questionairre items. There are practical applications for management development specialists and the model supports an environment in which leaders are encouraged to increase their ability to give more attention to their employee’s work discipline and it will increase the employee’s performance. Keywords: leadership, work discipline, communication, performance
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPENSASI, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN Lulut Klaudia; Prayekti Prayekti; Jajuk Herawati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2020.152.388

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan kerja, kompensasi, motivasi intrinsik terhadap loyalitas karyawan pada karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 karyawan Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta dan dipersempit dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 46 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, survei langsung, dan skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala  Likert. Hasil menunjukkan tidak ada pengaruh antara lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan, kompensasi tidak ada pengaruh terhadap loyalitas karyawan sedangkan motivasi intrinsik ada pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Kata kunci: lingkungan kerja, kompensasi motivasi intrinsik, loyalitas karyawan ABSTRACT This study aims to determine the work environment, compensation, intrinsic motivation on employee loyalty to employees of Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta. The population in this study were 100 employees of Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta and narrowed it down by using the Slovin formula to 46 respondents. The sampling technique in this study was accidental sampling. The data collection technique in this study used a questionnaire, direct survey, and the measurement scale used in this study was a Likert scale. The results show that there is no influence between work environment on employee loyalty, compensation has no effect on employee loyalty, while intrinsic motivation has a positive and significant effect on employee loyalty. Keywords: work environment, intrinsic motivation compensation, employee loyalty
HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI KLINIK KABUPATEN JEMBER M. Elyas Arif Budiman; Said Mardijanto; Emi Ellya Astutik
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2020.152.383

Abstract

ABSTRACT Satisfaction with the accepted model between expectations (the standard of performance that should be) with the actual performance received by the customer, the value satisfaction felt by patients after getting health services. The quality of nursing services is the most important thing in health service agencies, to achieve the expectations and needs of customers (patients). Good quality nursing service will increase customer (patient) satisfaction. This study aims to see the relationship between patient satisfaction and quality of nursing services in clinics in Jember Regency. This type of research used in this study with a cross sectional approach. The research sample used quota sampling of 33 respondents. Chi-Square statistical test with a significance level of p <0.05. The results showed that patient satisfaction with satisfied criteria and the quality of nursing services with good criteria. Chi-Square test resulted in a value of p = 0.020 and a contingency coefficient of 0.374. These results indicate that there is a weak relationship between Inpatient Satisfaction and Quality of Nursing Services in Clinics in Jember Regency. It is expected from this research that the clinic will improve the quality of nursing services to provide patient satisfaction. Keywords: patient satisfaction, quality of nursing services ABSTRAK Kepuasan merupakan model kesenjangan antara harapan (standar kinerja yang seharusnya) dengan kinerja aktual yang diterima pelanggan, kepuasan nilai subjektif yang dirasakan pasien setelah mendapatkan pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan keperawatan merupakan hal terpenting dalam instansi jasa pelayanan kesehatan, untuk mencapai harapan dan kebutuhan pelanggan (pasien). Mutu pelayanan keperawatan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan (pasien). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan mutu pelayanan keperawatan di klinik di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini menggunakan quota sampling sebanyak 33 responden. Uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa  kepuasan pasien  dengan kriteria puas dan mutu pelayanan keperawatan dengan kriteria baik. Uji Chi-Square dihasilkan nilai p = 0,020 dan koefisien kontingensi 0,374. Hasil ini menunjukan terdapat hubungan yang lemah Kepuasan Pasien Rawat Inap dengan Mutu Pelayanan Keperawatan di klinik di kabupaten Jember. Diharapkan dari penelitian ini agar pihak klinik meningkatkan mutu pelayanan keperawatan untuk memberikan kepuasan pasien. Kata kunci: kepuasan pasien, mutu pelayanan keperawatan
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN DIVIDEN SEBAGAI MEDIASI Yunita Dete; Teguh Erawati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2020.152.384

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel mediasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Sampel penelitian sebanyak 19 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, kebijakan dividen, nilai perusahaan  ABSTRACTThis study aims to examine the effect of profitability and company size on firm value with dividend policy as a mediating variable in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). The data used in this research is secondary data. The population used is manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the period of 2016-2018. The research sample of 19 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). Data collection techniques using purposive sampling method. Data analysis using the classical assumption test, multiple linear regression analysis, path analysis. The results showed that profitability had a significant positive effect on dividend policy. The size of the company has a significant positive effect on dividend policy. Dividend policy has a significant positive effect on firm value. Profitability has a significant positive effect on firm value. Company size has a significant positive effect on firm value. Keywords: profitability, company size, dividend policy, company value

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue